Jumat, 26 Desember 2008

Silabus dan RPP Qur'an Hadits

SILABUS

Nama Madrasah : MA Negeri 1 (Model) Lubuklinggau

Mata pelajaran : Al-Qur’an Hadits

Kelas / Semester : X ( Sepuluh) / 1 [Ganjil]

Alokasi waktu : 6 Jam Pelajaran [3 x TM]


NO

ASPEK SILABUS

DISKRIPSI ISI SILABUS

A

Standar Kompetensi

Mampu mendefinisikan Al-Qur’an dan wahyu, memahami cara dan hikmah wahyu dan Al-Qur’an diturunkan, mengidentifikasi kedudukan, fungsi dan tujuan serta pokok-pokok isi Al-Qur’an, mengenal kemukjizatan Al-Qur’an,dan mengenal cara kedudukan, dan cara mencari surat dan ayat Al-Qur’an.

B

Kompetensi Dasar

Mendefinisikan Al-Qur’an dan wahyu.

C

Indikator Hasil Belajar

Setelah proses pembelajaran siswa mampu:

- Menyebutkan pengertian Al-Qur’an secara tertulis

- Menyebutkan pengertian wahyu secara tertulis

- Mengidentifikasi nama-nama lain Al-Qur’an

- Mnguraikan ciri-ciri khusus kitab al-Qur’an

- Membedakan Al-Qur’an, Hadits Qudsi dan Hadits Nabawi

D

Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu memahami dan meyakini Al-Qur’an sebagai wahyu Allah dan cara-cara wahyu diturunkan

E

Materi Pokok

Pengertian Al-Qur’an dan wahyu.

F

Metode Pembelajaran

READING GUIDE ( Penuntun Bacaan )

G

Sumber Belajar, Bahan dan Alat

1. Lembar peraga peta konsep dan sketsa penerapan konsep

2. Buku Ajar yang diterbitkan Depag Pusat Jakarta

3. Buku referensi sesuai dengan mata perlajaran yang diajarkan.

4. Lembar Kegiatan Siswa “Hikmah” Forum Guru Bina PAI.

H

Penilaian

Kognitif, Afektif dan Psikomotorik


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN [RPP]


Nama Madrasah : MA Negeri 1 (Model) Lubuklinggau

Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadits

Kelas / Semester : X ( Sepuluh) / 1 [Ganjil]

Alokasi Waktu : 6 Jam Pelajaran [3 x TM]

Pertemuan ke : 1 – 3 [ satu – tiga ]

Standar Kompetensi : Mampu mendefinisikan Al-Qur’an dan wahyu, memahami cara dan hikmah wahyu dan Al-Qur’an diturunkan, mengidentifikasi kedudukan, fungsi dan tujuan serta pokok-pokok isi Al-Qur’an, mengenal kemukjizatan Al-Qur’an,dan mengenal cara kedudukan, dan cara mencari surat dan ayat Al-Qur’an

Kompetansi Dasar : Mendefinisikan Al-Qur’an dan wahyu

Indikator Hasil Belajar :

Setelah proses pembelajaran siswa mampu :

- Menyebutkan pengertian Al-Qur’an secara tertulis

- Menyebutkan pengertian wahyu secara tertulis

- Mengidentifikasi nama-nama lain Al-Qur’an

- Mnguraikan ciri-ciri khusus kitab al-Qur’an

- Membedakan Al-Qur’an, Hadits Qudsi dan Hadits Nabawi

1. Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu memahami dan meyakini Al-Qur’an sebagai wahyu Allah dan cara-cara wahyu diturunkan

2. Meteri Ajar

Pengertian Al-Qur’an dan wahyu.

Al-Qur’an adalah kalam Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai mukjizat baginya dan bukti kebenaran kerasulannya. Allah menurunkan Al-Qur’an kepada Rasul dan Nabi-Nya yang terakhir Muhammad SAW, dengan membawa beberapa fungsi dan tujuan. Al-Qur’an : Bacaan / yang dibaca. Karena di dunia ini tidak ada bacaan, buku atau kitab seperti Al-Qur’an yang senantiasa dibaca, dimusabaqohkan (diperlombakan) dan dikaji oleh berjuta-juta manusia. Dan Al-Qur’an juga merupakan kumpulan firman Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW.

3. MetodePembelajaran

READING GUIDE ( Penuntun Bacaan ): Dalam beberapa kesempatan, sering terdapat kejadian bahwa materi tidak dapat diselesaikan di dalam kelas dan harus diselesaikan di luar kelas karena banyaknya materi yang harus diselesaikan. Dalam keadaan seperti ini metode ini dapat digunakan secara optimal untuk memandu siswa belajar secara mandiri sesuai dengan panduan yang duiberikan pendidik.

4. Langkah Pembelajaran

  1. Kegiatan Awal

a. Mengamati dan mengarahkan sikap siswa agar siap memulai pelajaran

b. Mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa

c. Melakukan tes penjajakan [pre-tes] dan mengidentifikasi keadaan siswa

d. Mengingatkan pelajaran yang telah diterima dan mengaitkan pada pelajaran baru

e. Penjelasan singkat tentang tujuan dan proses pembelajaran yang akan dijalani siswa

  1. Kegiatan Inti

1. Tentukan materi bacaan yang diperlukan siswa unutuk mencapai kompetensi.

2. Buat pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawab siswa atau kisi-kisi dan boleh juga bagan atau skema yang dapat diisi siswa dari bahan bacaan yang telah dipilih tadi

3. Bagikan bahan bacaan dengan pertanyaan atau kisi-kisinya kepada siswa

4. Tugas siswa mempelajari bahan bacaan dengan menggunakan pertanyaan atau kisi-kisi yang ada.

5. Batasi aktifitas siswa dalam mencari jawaban sehingga tidak akan memakan waktu berlebihan

6. Berikan kesempatan beberapa orang siswa untuk menyampaikan hasil pekerjaanya.

7. Bahas pertanyaan atau kisi-kisi tersebut dengan menanyakan jawabannya kepada siswa

  1. Kegiatan Akhir

a. Memberikan penegasan dan menyimpulkan materi ajar yang sudah dipelajari

b. Memberikan post tes untuk mengetahui hasil pembelajaran

c. Memberikan tugas mandiri untuk mendalami materi ajar

5. Alat/Bahan/Sumber Belajar

a. Lembar peraga yang berisi peta konsep sesuai materi ajar

b. Lembar peraga yang berisi sketsa penerapan konsep sesuai materi

c. Buku Ajar / buku paket yang diterbitkan Depag Pusat Jakarta

d. Buku referensi sesuai dengan mata perlajaran yang diajarkan

e. Lembar Kegiatan Siswa “HIKMAH” Forum Guru Bina PAI.

6. Penilaian

a. Kognitif [Tes Lisan / Tulis]

No

ITEM SOAL

Bobot

Catatan

01

Sebutkan pengertian Al-Qur’an secara tertulis !

3

02

Sebutkan pengertian wahyu secara tertulis !

4

03

Identifikasikanlah nama-nama lain Al-Qur’an

4

04

Jelaskan bedanya Al-Qur’an, Hadits Qudsi dan Hadits Nabaw ?i

4

05

Uraikan kenapa Al-Qur’an tidak bisa dirubah dan berubah?

5

b. Afektif [ Pengamatan Minat dan Sikap]

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian Afektif

Jumlah Skor

Nilai

Catatan

Respon

Disiplin

Kerja Sama

Tuntas Tugas

01

02

03

c. Psikomotorik [Unjuk Kerja]

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian Psikomotorik

Jumlah Skor

Nilai

Catatan Guru

Penguasaan

Sistematika

Kecakapan

Mutu Karya

01

02

03

By. SeniMAN 1 Lubuklinggau


Silabus dan RPP Qur'an Hadits

SILABUS

Nama Madrasah : MA Negeri 1 (Model) Lubuklinggau

Mata pelajaran : Al-Qur’an Hadits

Kelas / Semester : X ( Sepuluh) / 1 [Ganjil]

Alokasi waktu : 6 Jam Pelajaran [3 x TM]


NO

ASPEK SILABUS

DISKRIPSI ISI SILABUS

A

Standar Kompetensi

Mampu mendefinisikan Al-Qur’an dan wahyu, memahami cara dan hikmah wahyu dan Al-Qur’an diturunkan, mengidentifikasi kedudukan, fungsi dan tujuan serta pokok-pokok isi Al-Qur’an, mengenal kemukjizatan Al-Qur’an,dan mengenal cara kedudukan, dan cara mencari surat dan ayat Al-Qur’an.

B

Kompetensi Dasar

Mendefinisikan Al-Qur’an dan wahyu.

C

Indikator Hasil Belajar

Setelah proses pembelajaran siswa mampu:

- Menyebutkan pengertian Al-Qur’an secara tertulis

- Menyebutkan pengertian wahyu secara tertulis

- Mengidentifikasi nama-nama lain Al-Qur’an

- Mnguraikan ciri-ciri khusus kitab al-Qur’an

- Membedakan Al-Qur’an, Hadits Qudsi dan Hadits Nabawi

D

Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu memahami dan meyakini Al-Qur’an sebagai wahyu Allah dan cara-cara wahyu diturunkan

E

Materi Pokok

Pengertian Al-Qur’an dan wahyu.

F

Metode Pembelajaran

READING GUIDE ( Penuntun Bacaan )

G

Sumber Belajar, Bahan dan Alat

1. Lembar peraga peta konsep dan sketsa penerapan konsep

2. Buku Ajar yang diterbitkan Depag Pusat Jakarta

3. Buku referensi sesuai dengan mata perlajaran yang diajarkan.

4. Lembar Kegiatan Siswa “Hikmah” Forum Guru Bina PAI.

H

Penilaian

Kognitif, Afektif dan Psikomotorik



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN [RPP]


Nama Madrasah : MA Negeri 1 (Model) Lubuklinggau

Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadits

Kelas / Semester : X ( Sepuluh) / 1 [Ganjil]

Alokasi Waktu : 6 Jam Pelajaran [3 x TM]

Pertemuan ke : 1 – 3 [ satu – tiga ]

Standar Kompetensi : Mampu mendefinisikan Al-Qur’an dan wahyu, memahami cara dan hikmah wahyu dan Al-Qur’an diturunkan, mengidentifikasi kedudukan, fungsi dan tujuan serta pokok-pokok isi Al-Qur’an, mengenal kemukjizatan Al-Qur’an,dan mengenal cara kedudukan, dan cara mencari surat dan ayat Al-Qur’an

Kompetansi Dasar : Mendefinisikan Al-Qur’an dan wahyu

Indikator Hasil Belajar :

Setelah proses pembelajaran siswa mampu :

- Menyebutkan pengertian Al-Qur’an secara tertulis

- Menyebutkan pengertian wahyu secara tertulis

- Mengidentifikasi nama-nama lain Al-Qur’an

- Mnguraikan ciri-ciri khusus kitab al-Qur’an

- Membedakan Al-Qur’an, Hadits Qudsi dan Hadits Nabawi

1. Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu memahami dan meyakini Al-Qur’an sebagai wahyu Allah dan cara-cara wahyu diturunkan

2. Meteri Ajar

Pengertian Al-Qur’an dan wahyu.

Al-Qur’an adalah kalam Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai mukjizat baginya dan bukti kebenaran kerasulannya. Allah menurunkan Al-Qur’an kepada Rasul dan Nabi-Nya yang terakhir Muhammad SAW, dengan membawa beberapa fungsi dan tujuan. Al-Qur’an : Bacaan / yang dibaca. Karena di dunia ini tidak ada bacaan, buku atau kitab seperti Al-Qur’an yang senantiasa dibaca, dimusabaqohkan (diperlombakan) dan dikaji oleh berjuta-juta manusia. Dan Al-Qur’an juga merupakan kumpulan firman Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW.

3. MetodePembelajaran

READING GUIDE ( Penuntun Bacaan ): Dalam beberapa kesempatan, sering terdapat kejadian bahwa materi tidak dapat diselesaikan di dalam kelas dan harus diselesaikan di luar kelas karena banyaknya materi yang harus diselesaikan. Dalam keadaan seperti ini metode ini dapat digunakan secara optimal untuk memandu siswa belajar secara mandiri sesuai dengan panduan yang duiberikan pendidik.

4. Langkah Pembelajaran

  1. Kegiatan Awal

a. Mengamati dan mengarahkan sikap siswa agar siap memulai pelajaran

b. Mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa

c. Melakukan tes penjajakan [pre-tes] dan mengidentifikasi keadaan siswa

d. Mengingatkan pelajaran yang telah diterima dan mengaitkan pada pelajaran baru

e. Penjelasan singkat tentang tujuan dan proses pembelajaran yang akan dijalani siswa

  1. Kegiatan Inti

1. Tentukan materi bacaan yang diperlukan siswa unutuk mencapai kompetensi.

2. Buat pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawab siswa atau kisi-kisi dan boleh juga bagan atau skema yang dapat diisi siswa dari bahan bacaan yang telah dipilih tadi

3. Bagikan bahan bacaan dengan pertanyaan atau kisi-kisinya kepada siswa

4. Tugas siswa mempelajari bahan bacaan dengan menggunakan pertanyaan atau kisi-kisi yang ada.

5. Batasi aktifitas siswa dalam mencari jawaban sehingga tidak akan memakan waktu berlebihan

6. Berikan kesempatan beberapa orang siswa untuk menyampaikan hasil pekerjaanya.

7. Bahas pertanyaan atau kisi-kisi tersebut dengan menanyakan jawabannya kepada siswa

  1. Kegiatan Akhir

a. Memberikan penegasan dan menyimpulkan materi ajar yang sudah dipelajari

b. Memberikan post tes untuk mengetahui hasil pembelajaran

c. Memberikan tugas mandiri untuk mendalami materi ajar

5. Alat/Bahan/Sumber Belajar

a. Lembar peraga yang berisi peta konsep sesuai materi ajar

b. Lembar peraga yang berisi sketsa penerapan konsep sesuai materi

c. Buku Ajar / buku paket yang diterbitkan Depag Pusat Jakarta

d. Buku referensi sesuai dengan mata perlajaran yang diajarkan

e. Lembar Kegiatan Siswa “HIKMAH” Forum Guru Bina PAI.

6. Penilaian

a. Kognitif [Tes Lisan / Tulis]

No

ITEM SOAL

Bobot

Catatan

01

Sebutkan pengertian Al-Qur’an secara tertulis !

3


02

Sebutkan pengertian wahyu secara tertulis !

4


03

Identifikasikanlah nama-nama lain Al-Qur’an

4


04

Jelaskan bedanya Al-Qur’an, Hadits Qudsi dan Hadits Nabaw ?i

4


05

Uraikan kenapa Al-Qur’an tidak bisa dirubah dan berubah?

5


b. Afektif [ Pengamatan Minat dan Sikap]

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian Afektif

Jumlah Skor

Nilai

Catatan

Respon

Disiplin

Kerja Sama

Tuntas Tugas

01









02









03









c. Psikomotorik [Unjuk Kerja]

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian Psikomotorik

Jumlah Skor

Nilai

Catatan Guru

Penguasaan

Sistematika

Kecakapan

Mutu Karya

01









02









03









By. SeniMAN 1 Lubuklinggau